Kamis, 13 Februari 2014

Hantu Menyeramkan di Korea Selatan

     Annyoenghaseo!
      Selamat siang, pagi, sore, malam, dan dimana pun anda beradaaa/
      Kenal yang namanya hantu kan? Kalo di Indonesia sih, mungkin kalian uda hafal jenis-jenisnya mulai dari mbak unti, mas othong, Pakde Uwo, Dek Uyul, dan kawan-kawan. Tapi asal kalian ngerti, Hantu itu enggak ada di Indonesia doang! hantu ada di seluruh sudut dunia. Salah satunya di South Korea. *tempat gua dilahirkan :v* Hantu Korea biasa disebut Gwishin (귀신) dan Yogwi (요괴) Ya, tapi btw, hantu yang hobi manjangin rambut dan jaga aurat *cabe-cabean lewat :v* dengan menggunakan daster putih polos itu ... lumayan mainstream sih. Soalnya, di Indonesia, Jepang, Korea, dan di beberapa negara lain, kakak cantik itu disebut sebagai hantu khas di negara itu sendiri lho. Ah, entahlah. Ga bisa njelasinnya gua -_- Udah ya, daripada kebanyakan intro ... langsung to the point saja ne :)) 
    *Sebelumnya, gua minta maaf uda nge-gunjing kalian._. Ambil hikmahnya saja, gua kan bikin kalian pemes :3*

1. Cheonyeo Gwishin (처녀귀신/Virgin Ghost) 
    

    Ini semacam kuntilanak versi Korea. Gua bilang juga apa, hantu kaya kuntilanak itu mainstream sekali-buktinya, di Korea juga ada-,- Menurut legenda, hantu ini sebelumnya adalah wanita muda yang meninggal dalam keadaan masih perawan akan sikap pahit terhadap AIB-nya *malu soalnya masih perawan/OOT-,-)a* Dan karena itulah, sering muncul penampakan hantu wanita yang berada di sekitar kerabat dan teman-temannya (sumpah gua ga faham._.) 

    Cheonyeo Gwishin ini identik dengan wanita berambut panjang dan menggunakan baju putih panjang atau terkadang pake hanbok (baju tradisional Korea) Wajahnya pucat terus ada darah yang netes di sisi mulutnya *ah, gua gamau mengira yang terlalu pervert_ _'* Ngngng ... pernah liat film The Ring ga? Ya, mirip kaya gitu pokoknya. Awalnya pas Cheonyeo Gwishin masih hidup, dia pengin banget menikah. Tapi, ternyata niatnya itu enggak terpenuhi. Jadi, sulit buat nyampe di tempat ia semestinya/Kuburan. Menurut orang-orang hantu ini bakal mengutuk pengantin baru dan suka mendatangkan penyakit atau kecelakaan. Kalau mau jauh dari hantu ini, ya butuh dukun-dukun buat ngusir setan atau juga bisa dengan nikahin si hantu perawan ini dengan hantu bujang (Mongdal) *wah, hantu juga bisa saling mencintai :3*
        
2. Jeoseung Saja (저승사자/Malaikat Keamatian)


    Hantu yang ini diartikan utusan dari jeoseung adalah makhluk halus yang menghisap jiwa lalu membimbingnya melewati hutan gelap berkabut (Grim Reaper versi Korea) Kalau dilihat dari tampangnya sih, sedikit mirip vampir Jepang. Mungkin, kalo jeoseung ga suka baju yang warnanya nyolok._. Jeoseung bukanlah surga atau neraka, tapi merupakan tempat tujuan orang mati (kebalikannya: Yiseung, atau bumi) 
    Penampakan ini mengerikan bingit. Oke, jangan pandang gambarnya yang modal make up dan kostum, ya. Kalo uda ketemu dan lihat langsung, baru ngerti gimana wujud aslinya. Pokoknya, hantu ini benar-benar menyeramkan. Secara tradisional, penampakan hantu ini digambarkan dengan agen pemerintah yang korupsi dan mengancam akan menyalahgunakan jiwa yang meninggal dalam tahanan, kecuali mereka disuap dengan persembahan. 

3. Dokkaebi 

    Hantu ini berwujud monster. Ya, sebelas dua belas sama  Leak dan Pakde Uwo gitulah ... cuma beda tempat aja<menurut gua. Tapi, ada yang bilang ini seperti Dek uyul atau goblin. Hantu ini punya satu tanduk di kepalanya, suka bawa tongkat ajaib dan bisa menyihir apa saja dengan mantra. *Harry Potter mode on* Tanduk Dokkaebi ini, katanya bisa membawa keberuntungan, wew. *Cula badak kalah :D* Heeey ... tapi ternyata, walau tampangnya garang, Dokkaebi punya jiwa hello kitty, lho :) Dokkaebi ini tergolong hantu yang lucu dan baik, juga suka mengusili orang-orang yang jahat dan memberi berkah kepada orang baik seperti gua :3 
    Dokkaebi disebutnya roh benda-benda mati. Benda-benda yang umumnya bertransformasi sebagai hantu korea ini adalah barang sehari-hari yang ditinggalkan pemiliknya atau dalam keadaan tak terurus. Misalnya sapu, alu, perapian, dll. Andai kamu tahu, pohon yang diolesi darah seorang gadis juga bisa jadi Dokkaebi.  

4. Mul Gwishin
    Maaf, gua cuma punya sedikit info buat hantu yang ini. Intinya, hantu ini suka menampakkan diri sebagai orang mati yang tenggelam.

5. Dalgyal Gwishin
    Kalo yang ini, penampakan yang muncul dari tumpukan mayat dan berbentuk telur. Entahlah, gua juga ga ngerti._.     

    Huaaaa ... sudah ya :) Maaf kalo posting-annya ga menarik atau bosenin. Tapi, inilah yang gua bisa, hehe :3 
Gomawo^^